Our Story

Ceremony

Just Married

Mengetahui Penjelasan Tentang Apa Itu Analisis Data

by - January 14, 2023

Analisis data merupakan proses pengolahan data yang dilakukan untuk dapat menemukan informasi yang berguna sebagai pengambilan keputusan. Orang yang bertanggung jawab dalam hal ini disebut dengan Data Analyst

Pada hal teknik dalam menganalisis data itu terdapat tiga kelompok yaitu, teknik analisis data berdasarkan matematika dan statistik, teknik analisis data berdasarkan artificial intelligence dan machine learning, serta teknik analisis data berdasarkan visualisasi dan grafik. 

Di awal sudah disinggung bahwa proses analisis data merupakan sebuah proses untuk investigasi, pembersihan, transformasi dan juga per modelan data yang menggunakan tujuan untuk membuat kesimpulan yang dapat mendukung pengambilan keputusan. Data Analyst berperan dalam membentuk keputusan yang lebih ilmiah dan juga membantu bisnis untuk beroperasi lebih efektif dikarenakan data yang lebih seksama dan juga data real time. 

Mengetahui Penjelasan Tentang Apa Itu Analisis Data
Mengetahui Penjelasan Tentang Apa Itu Analisis Data

Menyinggung sedikit tentang Data Analyst, yang akhir-akhir keyword tersebut sering muncul di beberapa artikel dan iklan yang mempromosikan pelatihan Data Analyst atau lowongan pekerjaan sebagai Data Analyst di sebuah perusahaan. Meski begitu belum banyak orang yang mempunyai kompetensi sebagai Data Analyst sehingga perlu bagi kita untuk belajar data science agar bisa memenuhi kebutuhan industri terkini. 

Data analyst merupakan salah satu profesi yang memang berhubungan langsung dengan data, seperti peningkatan jumlah data yang tentunya disebabkan karena pesatnya perkembangan teknologi digital. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena mudahnya mengolah data tetapi tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar sangat disayangkan sekali. 

Akan tetapi apabila data tidak bisa diolah dengan benar maka data yang ada tersebut tidak akan bernilai dan bahkan bisa menjadi sampah yang hanya memenuhi ruang dari penyimpanan kita, sehingga karena hal seperti itu banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya peran para ahli data untuk membantu mereka membuat keputusan dengan data.

You May Also Like

0 Comments